Halaman

Inilah Bapak Game Dunia

Anda gemar bermain game? Pernah mendengar nama Ralph H. Baer? Sebab ia adalah orang yang menemukan game pertama di dunia. 


Ralph H. Baer adalah seorang Jerman kelahiran 8 Maret 1922 yang sudah menetap di Amerika sejak kecil. Ia merupakan seorang insinyur di bidang elektronik. Karena menjadi seorang insinyur televisi pada saat itu masih sulit, Ralph tak kehabisan akal untuk bertahan hidup. Ia mencoba menciptakan sebuah permainan di televisi yang saat itu sedang ia kerjakan. Saat itu tahun 1966, dia bekerja di perusahaan bernama Sanders. 

Hasilnya luar biasa! Penemuannya itu dikembangkan hingga menjadi contoh konsol game pertama yang dinamakan Brown Box dan dipatenkan pada tahun 1968. Paten ini telah mendapatkan banyak ujian yang hingga kini masih tercatat benar sebagai video games pertama. Paten ini memperoleh lisensi dari Magnavox Oddysey yang menjadikan Brown Box ciptaan Ralph sebagai game konsol pertama di dunia. 
Sukses dengan temuannya tidak membuat Ralph puas. Justru ia makin bersemangat untuk membuat sesuatu yang baru. Ia membuat kontrol pistol pertama di dunia untuk video games yang bisa dimainkan di televisi. Lagi-lagi temuannya ini sukses dan digunakan oleh Magnavox Oddysey. 

Hingga tahun 1987, Ralph Baer tetap bekerja di Sanders hingga pensiun. Sejak 1983, Baer bersama temannya menciptakan beberapa peralatan permainan di bawah nama MicroPROS Technology Solutions. Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE. 

Ralph Baer mendapatkan National Medal of Technology dari Presiden George Bush pada 13 Februari 2006 atas kontribusinya terhadap perkembangan dunia dan teknologi, yang telah memulai era industri video game. 

Ia pun dihargai sebagai legenda dengan dianugerahi Pioneer Award dari GDC pada 20 Februari 2008.

0 komentar:

Posting Komentar